Tugas 2 Inovasi SI dan TI Modern


1. Jelaskan teknologi robot dalam penerapan Inovasi SI dan berikan contohnya?
Teknologi Robot : 
Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko robota yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
Contohnya : Robot ApriPoco ternyata bisa mengendalikan segala jenis remote, seperti remote AC, TV, dan sebagainya. Selain itu, robot ini juga bisa berbicara dan mengenali perintah suara (voice command operated). Robot canggih tersebut merupakan buatan dari perusahaan Toyota. Robot ApriPoco diprogram dengan fungsi sebagai pengendali remote control universal. ApriPoco juga bisa mendeteksi semua jenis remote melalui koneksi inframerah (InfraRed). Jika tugasnya sudah selesai, robot ini akan bertanya pada kamu apa yang harus dia lakukan selanjutnya.

2. Jelaskan teknologi gaming dalam penerapan Inovasi SI dan berikan contohnya?
Teknologi Gaming untuk terciptanya alat gaming yang stabil dan efektif terhadap si pengguna. Teknologi gaming semaking berkembang.
Contohnya : Playstation Eye yang mendeteksi gerakan pemain, sama halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture, seperti Nintendo Wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru itu ada Virtual Reality (VR). VR diharapkan kedepannya bisa membawa pemain merasakan masuk kedalam game.

3. Jelaskan teknologi drone dalam penerapan Inovasi SI dan berikan contohnya?
Drone merupakan pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara.

Contohnya : Drone sprayer sebuah inovasi pertanian modern Teknologi drone sudah menjamur di indonesia terutama untuk dunia fotografi dan pembuatan (shoting) film beberapa waktu terakhir teknologi drone kian meluas ke berbagai sektor yaitu sektor pemetaan udara dan pertanian modern hal ini sangat mempengaruhi produktifitas petani indonesia karena dengan hadirnya drone proses pengolahan lahan menjadi lebih cepat dengan lebih sedikit biaya yang di keluarkan dengan hasil lebih baik dari pengolahan dengan cara biasa, berikut yang dapat dilakukan oleh drone agriculture dalam pekerjaan pertanian :

Sprayer pestisida
Sprayer herbisida
Sprayer insectisida
Sprayer fertilizer/pupuk cair
Investigasi kesehatan tanaman (crop)


4. Jelaskan teknologi smart phone dalam penerapan Inovasi SI dan contohnya?
Komputer dan Smartphone : 
Komputer dapat membantu anda mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat tanpa harus menunggu untuk mendapatkannya. Terutama jika komputer telah terhubung dengan Internet.
Sama halnya dengan komputer, smartphone juga mampu mencari informasi yang anda butuhkan dengan cepat. Hanya saja yang membedakannya, mencari informasi menggunakan smartphone bisa dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan dan kuota Internet anda.
Contohnya : Augmented Reality (Realitas Buatan/AR), selain kecerdasan buatan, teknologi augmented reality (AR) atau realitas buatan banyak digunakan sejumlah perusahaan teknologi. Teknologi ini dinilai sebagai hal yang cukup potensial jika digunakan untuk masa depan. Guna mengadopsi AR, pengguna hanya memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan kamera seperti smartphone. Alhasil, sejumlah objek imajiner dapat muncul pada layar ponsel setelah pengguna mengaktifkan aplikasi yang sudah mengadopsi teknologi ini.



Komentar

Postingan Populer