Tugas 2 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


1. Contoh nyata Decision Support System?
DSS untuk proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir pada PT. Z. Salah satu contoh yang akan disorot dalam hal ini adalah cara pemilihan karyawan yang sesuai dengan kriteria yang ada pada suatu jabatan tertentu. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pedukung keputusan untuk proses profile matching dan analisis gap yang dibuat berdasarkan data dan norma-norma SDM yang terdapat di PT. Z
Proses profile matching dilakukan untuk menentukan rekomendasi karyawan dalam Sistem Kenaikan Jabatan dan Perencanaan Karir berdasarkan pada 3 aspek yaitu Kapasitas Intelektual, sikap kerja dan perilaku. Hasil dari proses ini berupa rangking karyawan yang cocok pada jabatan yang kosong tersebut. Software ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Access 2000 untuk database dan Borland Delphi 5 sebagai compillernya.
Dari hasil implementasi sistem, disimpulkan bahwa dengan penggunaan software ini dapat membantu proses pengambilan keputusan terhadap profile matching proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir di PT. Z

2. Apa yang anda ketahui tentang aplikasi robotika dan sistem sensor (berikan contoh nyata)
Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan ayen, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronikamesinmekanika, dan perangkat lunak komputer. Pemikiran tentang pembuatan mesin yang dapat bekerja sendiri telah ada sejak Era Klasik, tetapi riset mengenai penggunaannya tidak berkembang secara berarti sampai abad ke-20. Kini, banyak robot melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, dan pertambangan. Proyek ini dijalankan langsung oleh si hidung besar Reza Harun.
Contohnya :
Dunia Kedokteran
Di dalam dunia kedokteran, robot sering sekali digunakan untuk membantu dokter menangani pasien. Salah satunya ada yang disebut sebagai robot perawat. Robot tersebut mampu merawat para pasien yang menderita cacat dan orang tua. Selain itu, robot juga mampu membantu dokter dalam kegiatan bedah seperti bedah jantung, kanker “Robot Nanopartikel”, operasi mata, dan Robot Fisioterapi Pasca Stroke. Tetapi tetap dengan kendali dan pengawasan langsung dari dokter.

3. Apa yang kalian ketahui tentang aplikasi komputer vision?
Dalam istilah sederhana, Computer Vision adalah bagaimana komputer/mesin dapat melihat. Computer vision adalah bidang yang mencakup metode untuk memperoleh, mengolah, menganalisis, dan memahami data visual seperti gambar dan video. Tujuan utama dari Computer Vision adalah agar komputer atau mesin dapat meniru kemampuan perseptual mata manusia dan otak, atau bahkan dapat mengunggulinya untuk tujuan tertentu. Perseptual adalah kemampuan memahami dan menginterprestasikan informasi sensorik atau kemampuan intelek untuk mencarikan makna yang diterima oleh panca indera.


4. Apa yang kalian ketahui aplikasi pengolahan bahasa alami (contoh nyata)
Pengolahan Bahasa Alami (PBA) atau Natural Language Processing (NLP) merupakan cabang dari ilmu komputer dan lingustik yang membahas tentang interaksi antara bahasa manusia (bahasa alami) dan komputer. NLP juga sering disebut sebagai cabang dari kecerdasan buatan (Artificial Inteligence ) dan memiliki kajian yang berhubungan dengan lingustik komputasioanal.
Tujuan dari bidang bahasa alami ini adalah untuk melakukan proses pembuatan model komputansi dari bahasa manusia, sehingga antara manusia dan komputer dapat melakukan interaksi dengan perantaranya bahasa alami. Sebuah sistem bahasa alami (Natural Language System) harus memperhatikan pengetahuan dari bahasa itu sendiri baik dari segi kata yang digunakan, apa arti dari sebuah kata, fungsi kata dari sebuah kalimat dan bagaimana dari kata-kata tersebut dapat membentuk sebuah kalimat.
Contohnya :
 Text Based Application adalah segala macam aplikasi yang melakukan proses terhadap teks tertulis seperti misalnya dokumen, e-mail, buku dan sebagainya.
Contoh jenis aplikasi NLP yang berbasis teks : Machine Translation
Program yang mampu mentranslasi kalimat baik berupa teks maupun suara dari satu bahasa alami ke bahasa lainnya.





Komentar

Postingan Populer