Tugas 1 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
1.1 Apa
yang dimaksud dengan sistem cerdas? berikan contohnya!
Kecerdasan buatan (Artificial
Intelligent, AI) telah menjadi wacana umum yang sangat penting dan banyak
dijumpai. Kecerdasan Buatan atau Sistem cerdas atau Intelegensi Buatan atau
Artificial Inteligence merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer.
Komputer tidah hanya alat untuk menghitung, tetapi diharapkan dapat diberdayakan
untuk mengerjakan segala sesuatu yang bias dikerjakan oleh manusia. Manusia
mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran dengan baik, agar
komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus
dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.
Contoh :
·
ATM
ATM (Automatic teller machine
atau automated teller machine, di Indonesia juga kadang merupakan singkatan
bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan
nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa
perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.
·
Siri
Siri adalah program komputer yang bekerja sebagai
asisten pribadi cerdas. Bagian dari sistem operasi Apple Inc. iOS, watchOS,
macOS, and tvOS. Siri menggunakan bahasa natural antarmuka pengguna untuk
menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan perintah dengan
mengirimkan permintaan kepada layanan Web. Siri berdaptasi dengan bahasa yang
digunakan pengguna dan pencarian yang digunakan oleh pengguna secara kontinu
sebagai preferensi, dan memberikan hasil yang sesuai. Siri awalnya dikenalkan
sebagai aplikasi iOS yang tersedia di App Store oleh Siri Inc., yang diakusisi
kemudian oleh Apple pada 28 April 2010. Ada beberapa aksen dan kombinasi gender
untuk suara Siri.
·
Pintu
Geser Otomatis
Pintu otomatis dapat bekerja untuk membuka dan
menutup secara otomatis dengan menggunakan teknologi sensor. Sensor merupakan
suatu perangkat yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang atau objek lainnya
ketika orang atau objek tersebut mendekati pintu otomatis. Biasanya,
sensor-sensor tersebut akan diletakkan di sekitar pintu otomatis. Sensor-sensor
ini juga akan diletakkan di kedua sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar pintu
otomatis tersebut, sehingga pintu otomatis dapat bekerja dari kedua sisi.
Sensor kemudian akan mengaktifkan sistem yang akan menggerakkan motor yang akan
membuka dan menutup pintu otomatis.
1.2 Apa
yang kalian ketahui tentang kecerdasan buatan? Berikan contohnya!
Kecerdasan buatan adalah
kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks
ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris:
Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai
kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan
kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal
dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran
tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang
fleksibel”.[1] Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan
pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang
menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer
(games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.
Contoh:
- Game
- Smart Car
- Prediksi Pembelian
- AI Perawatan Kesehatan
- Bidang Keuangan
- Perangkat Rumah Cerdas
- Pengawas Keamanan
1.3
Jelaskan sejarah kecerdasan buatan!
Pada awal abad 17, René Descartes
mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin
yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama
pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin
penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North
Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal.
Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang
tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk
jaringan saraf.
Tahun 1950-an adalah periode
usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk
menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program
permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan
catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah
"kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk
pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp.
Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk
mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA,
sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an,
Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk
mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan
yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour
Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan saraf
sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted
Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara
mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan
saraf digunakan secara meluas dengan algoritme perambatan balik, pertama kali
diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika
seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis
sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf. Para ahli psikologi,
David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model
jaringan saraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset
menemukan kembali algoritme pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation
learning). Algoritme ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan
psikologi. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan
demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer
permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game
yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan
melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama
telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada
pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang
dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk
hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan
manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi
beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
1.4
Jelaskan tentang kecerdasan buatan dari aspek perspektif kecerdasan dan
aspek
perspektif penelitian!
- Dari perspektif kecerdasan
Ai adalah bagaimana membuat mesin
yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh
manusia.
- Dari perspektif penelitian
Suatu studi bagaimana membuat
agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan manusia.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar