Tugas 1 Inovasi SI dan TI Modern


1.   Apa yang dimaksud dengan Inovasi SI dan berikan contohnya.
Pengertian Inovasi Sistem Informasi
Sistem informasi ialah kumpulan informasi dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis dalam organisasi bisnis informasi merupakan sesuatu yang penting karena mendukung  proses pengambilan keputusan oleh pihak manajemen yang memanfaatkan sistem perangkat keras dan perangkat lunak.
Contoh:
·        Contoh Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern di bidang Keuangan, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama disana masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seseorang dapat tanpa perlu bertemu dengan orang yang di tuju dengan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
·        Contoh Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern di bidang Pendidikan. Salah satu aplikasi e-learning yang berbasis open source adalah Moodle. Moodle adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dogiamas yang mempertahankan moodle sebagai paket software e-learning yang free (gratis) dan open source (terbuka source programnya). Moodle terus mengembangkan rancangan sistem dan desain user interface setiap minggunya (up to date). Oleh karena itu Moodle tersedia dan dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source. Sistem e-learning berbasis open source (moodle) yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan efsiensi dan efektivitas kinerja pengajar dan pemahaman pembelajar terhadap materi pembelajaran. Istilah moodle singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Enviroment yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep berorientasi objek.



2 .   Sebutkan dan jelaskan dan berikan contoh ciri-ciri Inovasi SI
         I.        Khas
Salah satu ciri-ciri Inovasi SI adalah Khas. Maksudnya adalah sebuah Inovasi Sistem Informasi memiliki ciri tertentu yang unik (ciri-ciri tertentu) untuk menjadi sebuah ciri yang berbeda dengan yang lainnya. Agar inovasi tersebut tidak disalin atau diakui oleh pihak lain.
Contoh : Misalkan dalam tampilan sebuah aplikasi. Biasanya, sebuah aplikasi akan mudah diingat oleh orang (pengguna) dari tampilan produk tersebut. Maka setiap pembuatan aplikasi khas akan diterapkan paling tidak dalam sisi tampilan aplikasi tersebut.

       II.        Baru
Ciri Inovasi SI yang lainnya adalah Baru. Yang dimaksud dengan baru adalah adanya suatu perbedaan atau perubahan dari yang sebelumnya. Atau menciptakan sesuatu yang belum bernah ada. Jika hanya meniru tanpa adanya perubahan tertentu maka tidak dapat disebutkan bahwa Inovasi SI itu adalah baru.
Contoh : Misalkan peluncuran system. Sebuah system terebut dikatakan baru karena ada alur kerja yang berbeda dari system biasanya. Misal dalam system aplikasi penjualan, adanya fitur tambahan untuk pembuatan faktur pajak penjualan yang belum pernah ada dalam system aplikasi penjualan pada umumnya.

     III.        Terencana
Ciri Inovasi yang lainnya adalah Terencana. Maksud dari terencana adalah bahwa sebuah Inovasi SI yang akan dibangun (diciptakan) haruslah terencana. Jelas alur akan apa yang ia buat. Merencanakan sebelum berjalan agar dapat mengukur hasil. Dan juga alat control apabila di tengah jalan terjadi sesuatu yang diluar dugaan. Bila semua sudah terencana, meskipun adanya kendala akan dapat kembali lagi ke alur sesuai yang sudah direncanakan.
Contoh : Dalam merencakan pembuatan sebuah inovasi system informasi perlu memerhatikan beberapa aspek. Pertama misalkan dalam hal biaya, merencanakan berapa biaya yang akan di keluarkan untuk pembuatan system tersebut. Lalu sasaran produk, kepada siapa karya inovasi SI tersebut akan diberikan (dijual). Sehingga jelas sejak awal (benar terencana) peluncuran Inovasi SI tersebut.

    IV.        Memiliki Tujuan
Ciri Inovasi yang terakhir adalah Memiliki Tujuan. Artinya adalah sebuah Inovasi haruslah memiliki tujuan/sasaran pasar akan produk yang dibuatnya. Sehingga apa yang ia ciptakan tidak sia-sia dan diharapkan bisa tepat sasaran.
Contoh : Setelah merencanakan strategi dengan baik, disana tergambar bahwa sebuah Inovasi SI memiliki tujuan. Misal aplikasi penjualan. Tujuan daripada aplikasi tersebut adalah untuk memudahkan proses penjualan mulai dari pemesanan hingga pembayaran. Penyimpanan data pelanggan, estimasi harga, pemberian harga diskon, pembayarab bertahap (jatuh tempo pembayaran) dan yang lainnya.

3.    Sebutkan dan jelaskan dan berikan contoh sifat perubahan dalam Inovasi 
        SI
  • Penggantian (substitution) Misalnya : Inovasi dalam penggantian jenis sekolah, penggantian bentuk perabotan, alat-alat atau sistem ujian yang lama diganti dengan yang baru.
  • Perubahan (alternation) Misalnya : Mengubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan / mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup praktis.
  • Penambahan (addition) Misalnya : Adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau mengubah cara-cara penilaian yang sudah ada
  • Penyusunan kembali (restructturing) Misalnya : Upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun kembali komposisi serta ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan mata-mata pelajaran / keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi, dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem pendidikan.
  • Penghapusan (elimination) Contohnya : Upaya menghapus mata-mata pelajaran tertentu seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk senantiasa berpakaian seragam 6. Penguatan (reinforcement) Misalnya : Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

4.    Jelaskan manfaat Inovasi SI
             I.      Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis Dalam dunia bisnis, Sistem informasi dan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan yang dilakukan secara elekronik atau disebut juga dengan E-Commerce. E-Commerce merupakan penyebaran, penjualan, pembelian dan pemasaran barang serta jasa melalui system elektronik seperti internet atau televisi, website maupun jaringan komputer lainnya. Dengan adanya E-Commerce, masyarakat dapat melakukan jual beli tanpa harus pergi ke tempat yang menyediakan barang yang diinginkan.

           II.   Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam Perbankan Dalam dunia perbankan, kita menyebutnya sebagai Internet Banking. Internet Banking adalah Teknologi Informasi yang diterapkan melalui adanya transaksi perbankan lewat internet. Beberapa transaksi yang dimaksud antara lain transfer uang, pemindah bukuan, pembayaran, pengecekan saldo dan sebagainya. Dengan adanya Internet Banking tersebut dapat mempermudah transaksi dan mempercepat proses tanpa harus pergi ke bank.

          III.        Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam pembelajaran Salah satu manfaat dari Sistem informasi dan Teknologi Informasi ialah mempersingkat waktu serta menghemat biaya. Contohnya yaitu E-Learning. E-Learning adalah sebuat teknologi baru yang membuat peserta ajar tidak perlu duduk diruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. Dengan adanya E-Learning ini dapat membuat kita lebih efisien dalam belajar dan dapat menghemat waktu pembelajaran dengan metode yang baik.

         IV.  Manfaat Sistem informasi dan Teknologi Informasi dalam kesehatan Sistem berbasis kartu cerdas (Smartcard) mempermudah juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien. Kemudian ada juga penggunaan robot untuk membantu proses operasi pembedahan.Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang kesehatan dapat membuat aktifitas dalam mengetahui penyakit dan cara pengobatan lebih berkembang dan lebih efektif.


Komentar

Postingan Populer