BAB 11 Komunikasi dalam Organisasi
Komunikasi dalam Organisasi
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Secara
harafiah, komunikasi berasal dari Bahasa Latin: COMMUNIS yang berarti keadaan
yang biasa, membagi. Dengan kata lain, komunikasi adalah sutu proses di dalam
upaya membangun saling pengertian. Dalam suatu organisasi biasanya selalu
menekankan bagaimana pentingnya sebuah komunikasi antar anggota organisasi
untuk menekan segala kemungkinan kesalahpahaman yang bisa saja terjadi.
Berikut ini adalah definisi serta penjelasan
mengenai komunikasi menurut beberapa ahli:
# PALO ALTO Ketika dua orang sedang bersama,
mereka berkomunikasi secara terus menerus karena mereka tidak dapat
berperilaku. PALO ALTO sangat percaya bahwa seseorang tidak dapat tidak
berkomunikasi
#
HIMSTREET & BATY Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi
antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan
simbol-simbol, sinyak-sinyal, maupun perilaku atau tindakan
# BOVEE
Komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan
# LASWELL
Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakn apa dengan cara
apa, kepada siapa dengan efek apa
# CARL I.
HOVLAND Komunikasi adalah proses dimana seseorang individu atau komunikator
mengoperkan stimulan biasanya dengan lambang-lambang bahasa (verbal maupun non
verbal) untuk mengubah tingkah laku orang lain
#
THEODORSON & THEDORSON Komunikasi adalah penyebaran informasi, ide-ide
sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol
# EDWIN
EMERY Komunikasi adalah seni menyampaikan informasi, ide dan sikap
seseorang kepada orang lain
# DELTON
E, Mc FARLAND Komunikasi adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti
antara sesama manusia
# WILLIAM
ALBIG Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang
yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan
berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan
# CHARLES
H. COOLEY Komuniksi berarti suatu mekanisme hubungan antar manusia
dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang
dan menyimpan dalam waktu
# A.
WINNET Komunikasi merupakan proses pengalihan suatu maksud dari sumber
kepada penerima, proses tersebut merupakan suatu seri aktivitas, rangkaian atau
tahap-tahap yang memudahkan peralihan maksud tersebut
# KARFRIED
KNAPP Komunikasi merupakan interaksi antar pribadi yang menggunakan sistem
simbol linguistik, seperti sistem simbol verbal (kata-kata) dan non verbal.
Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung / tatap muka atau melalui
media lain (tulisan, oral, dan visual) (indahf/Carapedia) Pencarian Terbaru
(100) Pengertian komunikasi.
BAGAIMANA MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI
Komunikasi
dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang
bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa
menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.
Maka untuk membina hubungan kerja antar pegawai maupun antar atasan bawahan
perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci. Dalam menyalurkan
solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun
si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil
seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik
yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar
mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi. Akan tetapi dalam
prakteknya proses komunikasi harus melalui tahapan-tahapan yang kadang-kadang
tidak begitu mudah. Adapun tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut: Ide
(gagasan) => Si Sender Perumusan Dalam perumusan, disini ide si sender
disampaikan dalam kata-kata. Penyaluran (Transmitting) Penyaluran ini adalah
bisa lisan, tertulis, mempergunakan symbol, atau isyarat dsb. Tindakan Dalam
tindakan ini sebagai contoh misalnya perintah-perintah dalam organisasi
dilaksanakan.
Pengertian
Dalam pengertian ini disini kata-kata si sender yang ada dalam perumusan tadi
menjadi ide si receiver. Penerimaan Penerimaan ini diterima oleh si penerima
berita (penangkap berita). Dalam membina kerja sama dalam kelompok inilah yang
nantinya digunakan dalam rangka membina koordinasi organisasi kesatuan gerak
dan arah yang sesuai dengan arah dan tujuan organisasi. Agar tercapai
koordinasi dalam kerjasama pada organisasi itu sangat penting dilaksanakannya
komunikasi yang setepat-tepatnya dan seefektif mungkin sehingga koordinasi dan
kerjasama benar-benar dapat dilaksanakan setepat-tepatnya juga. Suatu keputusan
adalah rasional secara sengaja bila penyesuaian-penyesuaian sarana terhadap
hasil akhir dicoba dengan sengaja oleh individu atau organisasi, dan suatu
keputusan adalah rasional secara organisasional bila keputusan diarahkan ke
tujuan-tujuan individual. Pengambilan keputusan juga sangat memerlukan
komunikasi yang setepat-tepatnya, karena dalam akhir dari pengambilan keputusan
tersebut hendaknya juga merupakan pencerminan dari adanya koordinasi dan
kerjasama yang tercipta dalam lingkungan perusahaan atau lingkungan organisasi.
HAMBATAN - HAMBATAN KOMUNIKASI
Pada
sebuah proses komunikasi yang terjadi terkadang kita juga akan mengalami banyak
hambatan dalam berkomunikasi.
Beberapa Hambatan Komunikasi adalah :
a. Hambatan sematik Komunikasi yg disebabkan oleh
fakor bahasa yg digunakan oleh para pelaku komunikasi
b. Hambatan mekanik Komunikasi yang disebabkan
oleh factor elektrik, mesin atau media lainnya
c. Hambatan antropologis Hambatan yg disebabkan
oleh perbedaan pada diri manusia
d. Hambatan psikologis Hambatan yg disebabkan
oleh factor kejiwaan .
SUMBER:
Komentar
Posting Komentar