Tugas 3 Pengantar Animasi dan Desain Grafis
1.
Jelaskan
pengertian bitmap dan vector
Þ
Pengertian
Vector
Vector
adalah gambar yang terbuat dari beberapa titik dan garis (poligon), kombinasi
gambar jenis ini melalui proses rumus matematika khusus dalam pembuatan gambar.
Setiap alur vector dapat dengan mudah ditambah atribut untuk membuat berbagai
bentuk yang diinginkan. Vector juga dapat ditambahkan dan menghilangkan atribut
seperti ketebalan garis, warna, warna isi, nodes dan lainnya.
Þ
Pengertian
Bitmap
Bitmap
adalah terbentuknya dari banyak titik dengan campuran warna di dalam grafis
yang ada pada komputer. Gambar ini merupakan hasil dari susunan warna yang
mewakili dari beberapa pixel warna dan tampil pada layar monitor. Pada umumnya
jenis gambar bitmap, memiliki gambar yang tinggi dan lebar dalam bentuk pixel
dengan jumlah bit. Ada beberapa format gambar yang sering kita temui dan
tergolong dalam jenis bitmap seperti JPEG, BMP, PNG, dan GIF.
2. Apa yang
dimaksud dengan garis, bentuk dan
titik
Þ
Garis
Garis
adalah barisan titik yang memiliki dimensi memanjang dan arah tertentu dengan
kedua ujung terpisah. Garis bisa berupa panjang, pendek, tebal,
halus, lurus, lengkung, patah, berombak, horizontal, vertikal, diagonal dan
sebagainya.
Þ
Bentuk
Bentuk
dalam seni rupa tiga dimensi. Ada tiga jenis bentuk, yakni :
· Bentuk
Figuratif : adalah bentuk yang meniru wujud yang berasal dari alam seperti
manusia, hewan, tumbuhan dan benda..Bentuk Abstraktif : adalah Bentuk
Figuratif yang digayakan atau diubah bentuknya (stalasi). Contohnya
wayang kulit/golek, topeng, dekorasi batik dan sebagainya.
· Bentuk
Abstrak : adalah bentuk yang menyimpang dari wujud benda-benda atau
makhluk yang ada di alam. Diantaranya adalah bentuk geometris seperti balok,
tabung, piramid, kerucut dan bola. Jika melihat bentuk karya abstrak kita belum
tentu bisa mengenali bentuk dari benda atau makhluk apa yang dimaksud oleh
perupa. Karya abstrak merupakan hasil eksplorasi lebih
lanjut dari bentuk yang biasa kita lihat, sehingga nilai idenya lebih tinggi
Þ
Titik
Titik
adalah unsur seni rupa dua dimensi yang paling dasar. Titikdapat
dikembangkan menjadi garis dan bidang. Titik merupakan unsur penting dalam seni
rupa. Sebagai bukti adalah adanya lukisan bergaya impresif dengan teknik
mengkombinasikan berbagai variasi ukuran dan warna titik hingga membentuk suatu
kesatuan wujud. Lukisan seperti ini sering disebu beraliran pointilisme.
3.
Pengertian warna primer dan sekunder
Þ Warna
primer adalah warna dasar yang bukan campuran dari warna-warna lain. Yang
termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning.
Þ Warna
sekunder adalah hasil percampuran warna-warna primer, dengan proporsi 1 banding
1. Misalnya, jingga adalah hasil campuran merah dan kuning, hijau adalah
campuran biru dan kuning, sedangkan ungu adalah campuran merah dan biru.
4.
Apa yang dimaksud istilah intensitas dalam dunia desain
grafis
Sebuah warna gambar bisa terlihat
berbeda walaupun menggunakan tipe warna yang sama. Hal itu terjadi karena
perbedaan intensitas dari warna tersebut. Piksel atau Pixel selain memiliki
fungsi untuk membentuk sebuah grafis dengan titik-titik (dot) juga bisa
mempengaruhi kualitas warna dari jumlah warna yang dimilikinya, jumlah warna itulah
yang di sebut Intensitas.
Intensitas gambar mempunyai beberapa
jenis kategori yaitu 256 warna, high-color, 16 juta warna (true color), gradasi
abu-abu (grayscale), dan hitam-putih (black & white). Semakin tinggi
intensitas warna atau jumlah warna dalam piksel yang membentuk gambar maka akan
semakin baik hasil dari gambar grafis tersebut. Dalam grafis 2 dimensi seperti
foto, poster, banner, atau yang sejenisnya yang flat, intensitas warna dalam
pikselnya sangat banyak dibanding jumlah intensitas warna pada visual grafis
yang bergerak.
Intensitas
warna sebuah gambar atau Jumlah warna maksimum dari gambar dapat dilihat dari
jenis (ekstensi) filenya. File gambar berekstensi .jpg memiliki jumlah warna
maksimum 16 juta warna, sedangkan file gambar (yang bergerak) berekstensi .gif
memiliki jumlah warna maksimum 256 warna.
5. Sebutkan ciri-ciri dan kelemahan desain grafis berbasis
bitmap
Ciri-ciri
grafis bitmap :
· Grafis
bitmap sangat bergantung pada resolusi. Ini artinya, saat gambar yang tercipta
dilakukan perbesaran atau pengecilan melebihi batas resolusinya, gambar menjadi
kurang terlihat jelas. Batasan-batasan gambar menjadi blur, bahkan akan tampak
seperti kotak-kotak kecil yang menyambung.
· Ukuran
file lebih besar, tergantung dari resolusinya. Semakin tinggi resolusi yang
digunakan, semakin besar ukuran filenya. Ciri khas dari grafis bitmap yang satu
ini memang cukup riskan, terlebih jika kapasitas komputer yang Anda miliki
tidak begitu besar. Saat hendak mengirim melalui email pun, biasanya juga akan
terkendala dengan resolusi yang tinggi.
· Gambar
dapat disimpan dengan format TIFF, PNG, BMP, dan GIF.
· Gradasi
warna lebih nyata.
· Kualitas
gambar ditentukan dari banyaknya pixel yang membentuknya.
Kelemahan
grafis bitmap :
· Ketika
memberi efek pada objek gambar bitmap dan mencetaknya, gambar akan menjadi
pecah serta detailnya akan berkurang jika mencetaknya dengan resolusi yang
lebih rendah.
· Objek
gambar bitmap sangat bermasalah saat dirubah ukurannya, terutama saat gambar di
perbesar dan gambar akan menjadi pecah.
· Ukuran
file grafis bitmap relatif besar
Komentar
Posting Komentar