Tugas 4 Inovasi SI dan TI Modern


1.    Jelaskan dan berikan contoh yang anda ketahui tentang Share Service dalam dunia bisnis.
2.   Bandingkan dan jelaskan Inovasi apa yang paling utama pada aplikasi transportasi online di Indonesia.
3.    Coba amati kelebihan dan kekurangan aplikasi transportasi online di Indonesia.

Jawab
1.    Shared Service adalah konsolidasi atau sebuah business model yang memungkinkan sumber daya – sumber daya atau resources yang ada untuk keseluruhan elemen yang ada di dalam organisasi tersebut untuk level customer-service yang sudah ditentukan sebelumnya. Shared Services adalah sebuah business unit yang terpisah yang diciptakan dalam sebuah perusahaan, sebuah organisasi atau sebuah agen yang bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan atau services kepada operating business unit dan fungsi – fungsi korporasi di perusahaan atau organisasi tersebut.

Selain itu, Shared service bisa juga berarti penyediaan sebuah service atau pelayanan oleh satu bagian dari sebuah organisasi atau grup di mana service tersebut sebelumnya sudah ditemukan di dalam lebih dari satu bagian dari organisasi atau perusahaan tersebut. Secara harafiahnya, shared service adalah sebuah service atau layanan yang di-share atau dibagi pemakaian atau penggunaannnya oleh beberapa ataupun semua bagian -bagian entitas di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Contoh
kasus The New York Times, sebuah research and development group yang dipekerjakan oleh surat kabar The New York Times, mengembangkan sebuah sistem shared service di antara dua lusin produsen surat kabar, sebuah stasiun radio dan lebih dari 50 unit websites. Fungsi utama dari shared services yang dikembangkan oleh sang research and development group ini untuk The New York Times adalah untuk menambahkan dan mendukung inovasi yang ada di dalam business unit tersebut.
Upaya yang dilakukan The New York Times memfokuskan pengembangan inovasi teknologi informasi melalui upaya pengumpulan inisiatif dari berbagai pihak yang berbeda.

2.    Transportasi online
NO
INOVASI
GOJEK
GRAB
1.
Panduan titik jemput terdekat
Fitur tersebut membantu pelanggan memesan layanan GoRide dan GoCar ketika berada di lokasi yang kurang familiar. Panduan ini merekomendasikan titik penjemputan Gojek yang mudah ditemukan mitra driver sehingga pelanggan tidak perlu mengetik alamat penjemputan secara manual.
Multstop
Melalui fitur ini konsumen bisa pergi ke kantor dengan mengantar anak terlebih dahulu ke sekolah. Tujuannya, tentu dengan multistop kita dapat menghemat ongkos ketimbang bepergian sendiri-sendiri.
2.
Titik jemput dengan foto
Titik jemput untuk layanan GoRide dan GoCar di area keramaian seperti perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan sudah dilengkapi dengan foto, sehingga mempermudah pelanggan dalam menemukan titik jemput yang dipilih.
Rute alternatif            
Jika ternyata rute yang dilewati merupakan rute ganjil, sedangkan armada Grab Car yang sedang ditumpangi memiliki plat genap, sistem akan mencarikan rute alternatif yang sesuai.

Jika belum menaiki armada, jangan takut jika order dibatalkan oleh driver, pemesanan akan otomatis dilanjutkan dengan mencarikan armada dengan plat nomor yang sesuai. Sistem akan menentukan rute yang memastikan kita sampai ke tujuan dengan cepat.
3.
Fitur GoRide & GoCar Instan
GoRide dan GoCar Instan merupakan layanan pemesanan on-the-spot yang dilengkapi oleh solusi pengelolaan antrian sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan dan mengurai kemacetan di area penjemputan yang ramai seperti terminal angkutan umum.
Fitur GrabNow
Ini merupakan layanan pemesanan instan langsung kepada mitra GrabBike yang sedang menunggu pekerjaan dengan mencocokan kode order.


3.    Kelebihan

a)    Tarif murah dan transparan
Dahulu sering kali konsumen merasa tertipu oleh tukang ojek yang memberikan tarif yang lebih dan tidak masuk akal. Tetapi sekarang, dengan keberadaannya aplikasi ojek online semua menjadi transparan baik itu bisa mengetahui rute perjalanannya dan tarifnya bisa diketahui lebih dahulu. Jadi semua tarif yang harus dibayar penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga tidak ada proses tawar menawar lagi dengan pengendara. Terlebih dengan adanya berbagai promo yang ditawarkan oleh pihak ojek online.

b)    Praktis
Dengan ojek online jelas semua menjadi praktis, karena kamu bisa memesan atau kamu ingin mengantarkan barang dari rumah serta kantor hanya dengan gadget. Driver ojek online langsung menghampiri sesuai keinginan pemesan.

c)    Aman dan lebih terpercaya
Aman, ya karena setiap driver atau konsumen harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat dilacak dengan mudah. Dengan begitu, penumpang akan merasa lebih aman menggunakan pengemudi yang sudah terdaftar. Penumpang juga bisa mengetahui rute perjalanannya jadi bisa merasa aman dan nyaman ketika menggunakan layanan dari ojek online.


d)    Bisa memilih pengendara
Mungkin ini bisa masuk kekurangan maupun kelebihan, karena ada aplikasi ojek online yang bisa memilih pengendaranya. Sebut saja NGUBERJEK, jadi bagi penumpang yang menemukan driver dari NGUBERJEK bisa langsung memesan ke drivernya. Penumpang tidak usah ribet-ribet meng-order lebih dahulu, nanti driver yang meng-order lewat aplikasinya, nama fitur aplikasinya ialah “Selfie order” penumpang hanya menyebutkan nama dan nomor handphone.

Kekurangan

a)    Jaringan sering bermasalah
Karena ini berupa aplikasi online maka besar kemungkinan akan ada gangguan dari sistem jaringan. So, jika sedang ada bermasalah di sistem jaringan, baik konsumen maupun bagi driver tidak bisa berbuat banyak hingga jaringannya benar-benar telah benar.

b) Kurangnya pemahaman pengendara terhadap keselamatan berkendaraKebanyakan dari driver ojek online kurang memahami mengenai keselamatan di jalan raya. Padahal seperti Gojek, Grabbike dan NGUBERJEK telah memberikan bekal pengetahuan para drivernya tentang safety riding atau keselamatan dalam berkendara. Hal ini jelas, akan berdampak fatal jika sang driver ojek online tidak mengetahui mengenai keselamatan dalam berkendara.

c)    Hati-hati data pribadi tersebar
Saat kamu ingin mendaftarkan diri dalam aplikasi jasa transportasi online maka kamu akan diwajibkan mengisi berbagai data diri termasuk nomor telepon. Sesungguhnya data ini yang akan dipakai untuk driver ojek online bisa menghubungi saat kesusahan di jalan. Namun, kamu juga harus berhati-hati, karena sudah ada beberapa kasus yang menggunakan data ini untuk hal yang tidak kita inginkan.




Komentar

Postingan Populer