Tugas 4 Inovasi SI dan TI Modern
1.
Jelaskan
dan berikan contoh yang anda ketahui tentang Share Service dalam dunia bisnis.
2. Bandingkan
dan jelaskan Inovasi apa yang paling utama pada aplikasi transportasi online di
Indonesia.
3.
Coba
amati kelebihan dan kekurangan aplikasi transportasi online di Indonesia.
Jawab
1.
Shared
Service adalah konsolidasi atau sebuah business model yang memungkinkan sumber
daya – sumber daya atau resources yang ada untuk keseluruhan elemen yang ada di
dalam organisasi tersebut untuk level customer-service yang sudah ditentukan
sebelumnya. Shared Services adalah sebuah business unit yang terpisah yang
diciptakan dalam sebuah perusahaan, sebuah organisasi atau sebuah agen yang
bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan atau services kepada operating
business unit dan fungsi – fungsi korporasi di perusahaan atau organisasi
tersebut.
Selain
itu, Shared service bisa juga berarti penyediaan sebuah service atau pelayanan
oleh satu bagian dari sebuah organisasi atau grup di mana service tersebut
sebelumnya sudah ditemukan di dalam lebih dari satu bagian dari organisasi atau
perusahaan tersebut. Secara harafiahnya, shared service adalah sebuah service
atau layanan yang di-share atau dibagi pemakaian atau penggunaannnya oleh
beberapa ataupun semua bagian -bagian entitas di dalam sebuah perusahaan atau
organisasi.
Contoh
kasus
The New York Times, sebuah research and development group yang dipekerjakan
oleh surat kabar The New York Times, mengembangkan sebuah sistem shared service
di antara dua lusin produsen surat kabar, sebuah stasiun radio dan lebih dari
50 unit websites. Fungsi utama dari shared services yang dikembangkan oleh sang
research and development group ini untuk The New York Times adalah untuk
menambahkan dan mendukung inovasi yang ada di dalam business unit tersebut.
Upaya
yang dilakukan The New York Times memfokuskan pengembangan inovasi teknologi
informasi melalui upaya pengumpulan inisiatif dari berbagai pihak yang berbeda.
2.
Transportasi
online
NO
|
INOVASI
|
|
GOJEK
|
GRAB
|
|
1.
|
Panduan
titik jemput terdekat
Fitur tersebut membantu pelanggan
memesan layanan GoRide dan GoCar ketika berada di lokasi yang kurang
familiar. Panduan ini merekomendasikan titik penjemputan Gojek yang mudah
ditemukan mitra driver sehingga pelanggan tidak perlu mengetik alamat
penjemputan secara manual.
|
Multstop
Melalui fitur ini konsumen bisa
pergi ke kantor dengan mengantar anak terlebih dahulu ke sekolah. Tujuannya,
tentu dengan multistop kita dapat menghemat ongkos ketimbang bepergian
sendiri-sendiri.
|
2.
|
Titik
jemput dengan foto
Titik jemput untuk layanan GoRide
dan GoCar di area keramaian seperti perkantoran, hotel, dan pusat
perbelanjaan sudah dilengkapi dengan foto, sehingga mempermudah pelanggan
dalam menemukan titik jemput yang dipilih.
|
Rute alternatif
Jika
ternyata rute yang dilewati merupakan rute ganjil, sedangkan armada Grab Car
yang sedang ditumpangi memiliki plat genap, sistem akan mencarikan rute
alternatif yang sesuai.
Jika belum menaiki armada, jangan
takut jika order dibatalkan oleh driver, pemesanan akan otomatis dilanjutkan
dengan mencarikan armada dengan plat nomor yang sesuai. Sistem akan
menentukan rute yang memastikan kita sampai ke tujuan dengan cepat.
|
3.
|
Fitur
GoRide & GoCar Instan
GoRide dan GoCar Instan merupakan
layanan pemesanan on-the-spot yang dilengkapi oleh solusi pengelolaan antrian
sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan dan mengurai kemacetan di area
penjemputan yang ramai seperti terminal angkutan umum.
|
Fitur
GrabNow
Ini
merupakan layanan pemesanan instan langsung kepada mitra GrabBike yang sedang
menunggu pekerjaan dengan mencocokan kode order.
|
3.
Kelebihan
a)
Tarif
murah dan transparan
Dahulu
sering kali konsumen merasa tertipu oleh tukang ojek yang memberikan tarif yang
lebih dan tidak masuk akal. Tetapi sekarang, dengan keberadaannya aplikasi ojek
online semua menjadi transparan baik itu bisa mengetahui rute perjalanannya dan
tarifnya bisa diketahui lebih dahulu. Jadi semua tarif yang harus dibayar
penumpang sudah tertera sejak awal, sehingga tidak ada proses tawar menawar
lagi dengan pengendara. Terlebih dengan adanya berbagai promo yang ditawarkan
oleh pihak ojek online.
b)
Praktis
Dengan
ojek online jelas semua menjadi praktis, karena kamu bisa memesan atau kamu
ingin mengantarkan barang dari rumah serta kantor hanya dengan gadget. Driver
ojek online langsung menghampiri sesuai keinginan pemesan.
c)
Aman
dan lebih terpercaya
Aman,
ya karena setiap driver atau konsumen harus melakukan registrasi terlebih
dahulu. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semua dapat
dilacak dengan mudah. Dengan begitu, penumpang akan merasa lebih aman
menggunakan pengemudi yang sudah terdaftar. Penumpang juga bisa mengetahui rute
perjalanannya jadi bisa merasa aman dan nyaman ketika menggunakan layanan dari
ojek online.
d)
Bisa
memilih pengendara
Mungkin
ini bisa masuk kekurangan maupun kelebihan, karena ada aplikasi ojek online
yang bisa memilih pengendaranya. Sebut saja NGUBERJEK, jadi bagi penumpang yang
menemukan driver dari NGUBERJEK bisa langsung memesan ke drivernya. Penumpang
tidak usah ribet-ribet meng-order lebih dahulu, nanti driver yang meng-order
lewat aplikasinya, nama fitur aplikasinya ialah “Selfie order” penumpang hanya
menyebutkan nama dan nomor handphone.
Kekurangan
a)
Jaringan
sering bermasalah
Karena
ini berupa aplikasi online maka besar kemungkinan akan ada gangguan dari sistem
jaringan. So, jika sedang ada bermasalah di sistem jaringan, baik konsumen
maupun bagi driver tidak bisa berbuat banyak hingga jaringannya benar-benar
telah benar.
b) Kurangnya
pemahaman pengendara terhadap keselamatan berkendaraKebanyakan dari driver ojek
online kurang memahami mengenai keselamatan di jalan raya. Padahal seperti
Gojek, Grabbike dan NGUBERJEK telah memberikan bekal pengetahuan para drivernya
tentang safety riding atau keselamatan dalam berkendara. Hal ini jelas, akan
berdampak fatal jika sang driver ojek online tidak mengetahui mengenai
keselamatan dalam berkendara.
c)
Hati-hati
data pribadi tersebar
Saat
kamu ingin mendaftarkan diri dalam aplikasi jasa transportasi online maka kamu
akan diwajibkan mengisi berbagai data diri termasuk nomor telepon. Sesungguhnya
data ini yang akan dipakai untuk driver ojek online bisa menghubungi saat
kesusahan di jalan. Namun, kamu juga harus berhati-hati, karena sudah ada
beberapa kasus yang menggunakan data ini untuk hal yang tidak kita inginkan.
Komentar
Posting Komentar